Friday, October 27, 2017

Manfaat Daun Sirih Yang Perlu Anda Ketahui

The daun sirih termasuk dalam keluarga Piperaceae atau lada, berbentuk seperti hati, hijau, dan menyerupai cengkeh. Sirih adalah salah satu tanaman abadi karena bisa hidup untuk waktu yang lama. Nama latinnya adalah Piper betle. Di Indonesia sendiri, daun sirih umumnya juga digunakan sebagai obat tradisional yang telah digunakan sejak berabad-abad dari generasi ke generasi.


Daun sirih ditanam di beberapa negara di Asia: India, Malaysia, Sri Lanka, dan Indonesia. Tapi bisa juga ditemukan di Afrika dan Madagaskar. Di India, daun sirih cukup banyak digunakan untuk aktivitas dan acara kehidupan sehari-hari, seperti menyambut tamu, ritual keagamaan, dan sebagai obat tradisional.  Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Masalah Kewanitaan

Menurut Universitas Calcutta, daun sirih memiliki kemampuan membunuh radikal bebas dan mencegah penuaan sel. Dan menurut Cancer Research Institute di Mumbai, tanaman sirih tidak baik untuk kesehatan terutama bibit dan batangnya, karena bisa menyebabkan kanker. Tinggal menyisakan saja aman, berkhasiat baik, dan bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Daun Sirih
Daun sirih mengandung tanin, chavicol, fenil, propana, sesquiterpene, cyneole, alkaloid, gula, dan minyak esensial. Khasiatnya juga sangat banyak, seperti anti jamur, anti bakteri, bekerja sebagai ekspektoran (obat batuk), dan termasuk makanan yang bisa meningkatkan gairah seksual. Umumnya cara mengonsumsi daun sirih dikunyah atau diseduh menjadi teh.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari daun sirih yang perlu Anda ketahui =

# 1. Mengobati rasa sakit .

Daun sirih bisa digunakan untuk meringankan rasa sakit di kepala dan nyeri sendi. Air rebus sirih yang dicampur dengan minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit punggung. Kandungan analgesiknya untuk membantu meringankan rasa sakit yang Anda rasakan.

# 2. Bantuan pencernaan .

Di India, daun sirih digunakan sebagai obat tradisional untuk masalah pencernaan dan kembung / perut kenyang. Cara makannya cukup mudah, hanya mengunyah daunnya yang sudah diberi sedikit garam.

# 3. Merangsang produksi susu .

Beberapa ibu menyusui mengalami masalah di payudaranya, sehingga sedikit menghasilkan ASI, daun sirih justru bisa merangsang produksi ASI dengan mengoleskan minyak esensial sirih dan daun ke payudara.

# 4. Mengobati demam .

Sekali lagi, cara ini datang dari India. Beberapa daun sirih direbus lalu diberi sedikit lada dan ginseng. Untuk orang dewasa, ambil 2 sendok makan ramuan untuk mengobati demam. Sedangkan untuk anak-anak, 1 sendok makan sudah cukup. Selain itu, jus sirih yang dicampur dengan minyak kelapa juga bisa diaplikasikan ke dada untuk mengurangi sesak nafas atau dingin.

Di Indonesia memiliki cara sendiri untuk membuat obat herbal untuk demam. Disini daun sirih langsung dikonsumsi dengan cara mengunyah dan menelan. Cara ini cukup ampuh untuk menyembuhkan demam dan asma.

# 5. Mengobati ruam .

Mandi dengan ramuan daun sirih yang hangat diyakini bisa menyembuhkan gatal pada kulit, namun juga memiliki aroma yang menyegarkan dan menyejukkan.

# 6. Mencegah kanker .

Mengkonsumsi 10-15 daun sirih yang direbus dalam segelas air setiap hari bisa mengurangi peluang Anda terkena kanker. Agar tidak terasa pahit, bisa menambahkan madu.

# 7. Tingkatkan fokus .

Daun sirih bisa meningkatkan fokus dan mental. Zat di daun sirih membuat orang lebih energik dan membuat orang melakukan sesuatu yang lebih ceria. Beberapa orang bilang makan air daun sirih plus madu akan menghilangkan kegugupan.

# 8. Detoksifikasi racun .

Jika Anda digigit serangga beracun atau hewan yang menyebabkan gatal, panas, dan nyeri, daun sirih dan lada hitam bisa menjadi salah satu pertolongan pertama bila tidak ada obat yang tersedia. Selembar lada hitam diberi daun sirih di tengahnya, lalu dimakan.

# 9. Mengobati luka bakar .

Daun pasta sirih bisa meredakan efek pembakaran pada kulit. Cara membuat pasta dengan menghaluskan daun sirih dan madu sampai halus, lalu gosok ke kulit lecet.

# 10. Menyembuhkan batuk .

Rebus daun sirih dan tambahkan sedikit madu atau gula, minum air putih selagi masih hangat. Minum 2 kali sehari setiap hari. Selain itu, juga bisa dikunyah dan dimakan segera. Selain bisa menyembuhkan batuk, juga bisa mengembalikan energi yang hilang akibat kelelahan.

# 11. Hilangkan jerawat .

Daun sirih bersifat antiseptik, yang berarti sangat baik untuk membunuh bakteri. Termasuk menghilangkan jerawat. Daun sirih ditumbuk halus, diberi sedikit air lalu dioleskan ke jerawat. Biarkan beberapa menit sebelum dibilas. Daun sirih air rebus juga bisa digunakan untuk mandi dan cuci muka agar wajah terhindar dari jerawat dan noda hitam. Langkah ini harus dilakukan 3 kali sehari.

# 12. Hilangkan bau .

Minum daun sirih air rebusan yang diyakini oleh masyarakat Indonesia bisa menghilangkan bau badan dan bau mulut, umumnya diketahui dengan sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

Selain diaplikasikan secara langsung, banyak produk higiene dan kesehatan menggunakan daun sirih sebagai bahan utama.

No comments:

Post a Comment